Apa itu Hacker Dan Cracker?

Peretas dan cracker adalah kembar yang memiliki karakter dan kepribadian berbeda. Peretas pada umumnya memiliki sifat positif, jika Cracker memiliki sifat yang berlawanan dari Peretas. Namun keduanya selalu ada di jagat maya yang disebut Internet.

Apa Itu Hacker

Hacker

Hacker (Bahasa Inggris: hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, membobol komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan maupun dimotivasi oleh tantangan. (wikipedia)

Peretas ini memiliki keinginan untuk mengetahui secara mendalam kerja suatu sistem, komputer atau jaringan komputer, sehingga ia menjadi ahli dalam bidang sistem, komputer atau jaringan komputer.

Istilah peretas yang sering kita salah pahami tentang hal-hal yang membahayakan / meretas, seperti peretasan Facebook, peretasan email, peretasan jaringan dan lainnya. Namun dalam kenyataannya, peretasan adalah ilmu seni, seni keamanan jaringan komputer.

Sifat-sifat Hacker :

Memiliki kemampuan menganalisis kelemahan suatu sistem atau situs. Misalnya: jika seorang peretas mencoba menguji suatu situs, konten situs itu tidak akan membingungkan dan mengganggu orang lain. Biasanya, peretas melaporkan bahwa kejadian ini dipecahkan menjadi sempurna. Bahkan seorang hacker akan memberikan informasi dan saran yang dapat memperbaiki sistem yang Anda masukkan rusak.

  • Beri tahu administrator sistem jika ada pelanggaran keamanan / lubang keamanan.
  • Jangan mengambil keuntungan dari pembajakan secara tidak adil.
  • Jangan mendistribusikan dan mengumpulkan perangkat lunak bajakan.
  • Jangan pernah menjalankan risiko bodoh.
  • Selalu tahu keterampilan Anda sendiri.
  • Jangan pernah meretas sistem untuk mencuri uang.
  • Jangan pernah memberikan akses ke seseorang yang terluka.
  • Jangan pernah dengan sengaja menghapus dan merusak file di komputer yang diretas.
  • Hormati mesin bajakan dan perlakukan mesin bajakan seolah-olah itu adalah mesin Anda sendiri.

Cracker

Sedangkan saudara kembar Hacker adalah Cracker. Cracker adalah istilah bagi mereka yang memasuki sistem orang lain dan cracker lebih merusak, biasanya di jaringan komputer, menghilangkan kata sandi atau lisensi perangkat lunak komputer, sengaja terhadap keamanan komputer, merusak (mengubah halaman web) yang dimiliki oleh orang lain bahkan untuk menghapus data orang lain, dan mencuri data dari sistem.

Sifat-sifat Cracker :

Mampu membuat program untuk kepentingan mereka sendiri dan destruktif atau destruktif dan mengubahnya menjadi keuntungan. Misalnya: virus, pencurian kartu kredit, pencurian rekening bank, pencurian kata sandi server email / web, dll.

  • Anda bisa sendirian atau dalam kelompok beraksi.
  • Dengan memiliki situs web atau saluran pada IRC tersembunyi, hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya.
  • Ini memiliki alamat IP yang tidak dapat dilacak.
  • Kasus yang paling sering adalah Carding, yaitu pencurian kartu kredit, pencurian situs, dan mengubah segalanya menjadi bencana.

Kesimpulan

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa peretas adalah orang yang tahu apa yang mereka lakukan, menyadari semua konsekuensi dari apa yang mereka lakukan dan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Sedangkan Cracker adalah orang yang tahu apa yang dia lakukan, tetapi seringkali tidak menyadari konsekuensi dari tindakannya. Dan saya tidak ingin bertanggung jawab atas apa yang sudah saya ketahui dan lakukan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>